Minggu, 15 April 2012

Sikat gigi ke mana-mana

gigiku sakit, berlubang, seperti mau pecah, sangat sakit. Tidak hanya di sini, tapi di sini, di sini juga. Banyak lubang di mana-mana, di kiri dan di kanan. Penyebabnya mungkin aku jarang gosol gigi di malam hari. Aku sering maen ke rumah temen, nginap di rumahnya dan mengabaikan gosok gigi sebelum tidur. Sering teman-temanku mengajak bakar-bakar ayam atau apalah, atau hanya sekedar happy-happy (makan-makan), kemudian aku nginap di rumahnya, tanpa menghiraukan gosok gigi sebelum tidur. Akhirnya gigiku sakit, banyak lubang di mana-mana. Aku diperiksakan ke dokter, dan ternyata aku disuruhnya untuk terus secara rutin berobat supaya gigiku tidak semakin parah. Kata dokter yang memeriksaku, penyakit gigiku udah hampir parah, (stadium berapalah gak tau pokoknya) dan harus segera diobati agar tidak semakin parah. Hari demi hari kurasakan gigiku semakin sakit, kulihat di cermin pipiku sedikit bengkak, dan rupanya bibirku juga sudah mulai mengembung, itu tandanya penyakitku semakin parah. Tidak ada kemajuan mengenai penyakit gigiku, akhirnya ayahku membawaku ke rumah sakit rujukan dari puskesmas. Kata dokter rumah sakit, sebaiknya ini diperbaiki saja, sayang kalo dicabut, karena ini gigi paling depan (kelihatan jeleknya nanti kalo dicabut).

Di sanalah aku diobati dan beberapa minggu kemudian aku merasakan ada kemajuan serta bengkak yang ada di bibirku mulai hilang. Setelah berobat beberapa kali dalam dua bulan (kurang lebih) aku sembuh, namun gigiku sudah tidak seperti dulu lagi, banyak reparasinya.hehe


Tapi itu dulu kawan. Sekarang aku sudah sadar, tidak mau hal itu terulang lagi. Saat ini, ketika akan beranjak pergi, entah itu ke rumah teman atau hanya sekedar main, aku selalu bawa sikat gigi, kadang dengan pasta giginya juga. Bukan apa-apa, walaupun hanya pergi maen ke kosan teman misalnya, tapi siapa yang tahu kalau misalkan cuaca buruk dan terpaksa harus menginap di sana. Jika kita sudah bawa perlatan (sikat gigi), maka aman-aman saja dan tidak perlu khawatir gigiku tak terlindungi. Namun sebenarnya tidak selalu sedia sikat gigipun tak apa kalau misalkan pergi keluar hanya untuk main dan tidak akan lama. Kalau misalkan terpaksa harus berlama-lama bahkan sampai nginap, kita tinggal beli sikat gigi dan pasta gigi baru dari warung atau mini market. Permasalahannya jika kita punya uang, jika tidak?


Nah, bagi teman-teman semua, aku hanya mengingatkan saja bahwa gosok gigi itu penting. Lakukan dengan teratur, minimal dua kali sehari atau setelah sarapan dan sebelum tidur. Jika ingin selalu bersih dan terjaga, boleh setiap habis makan langsung gosok gigi (dengan syarat makannya tidak terlalu sering, hhe). Siap sedialah sikat gigi di dalam tas ke mana pun kita pergi, (kalau pasta gigi tidak begitu penting, bisa minta sama teman kan?) dan jangan lupa, yang paling penting gosok gigi sebelum tidur.

Dari: rifkyfathurrahman@gmail.com
Tanggal: 15-04-2012 05.32