Selasa, 03 April 2012

Perbedaan antara penelitian ekonomi dengan penelitian bisnis


Penelitian bisnis adalah suatu penyelidikan yang sistematis, terkendali, empiris, dan kritis dari fenomena yang berhubungan dan diperlukan dalam pengambilan keputusan manajerial. Ada dua hal penting yang terkandung dalam penelitian bisnis, yaitu: Pertama, penelitian ini merupakan penyelidikan yang sistematis dan kritis dari fenomena yang dikendaikan oleh peneliti; Kedua, lingkup penelitian akan meliputi segala macam fenomena yang berhubungan yang diperlukan dalam pengambilan keputusan manajerial. Peran utama dari penelitian bisnis dalam  pengambilan keputusan adalah penyediaan informasi yang relevan sehingga dapat dijadikan sebagai referensi yang baik untuk mengambil keputusan dengan tepat (Kuncoro, 2009).

Penelitian ekonomi sedikit berbeda dengan penelitian bisnis. Aspek pragmatis dan implikasi bisnis amat menonjol dalam penelitian bisnis. Penelitian ekonomi setidaknya meliputi bidang kajian industri, perdagangan, ekonomi publik, ekonomi moneter dan perbankan, otonomi daerah, ekonomi regional dan perkotaan.
Perbedaan keduanya terletak pada fungsi dan cakupan masing-masing penelitian. Untuk penelitian bisnis meliputi berbagai persoalan yang mencakup masalah-masalah bisnis, perusahaan, dan kebijakan-kebijakan yang akan diambilnya. Sedangkan untuk penelitian ekonomi cakupannya lebih luas lagi, yaitu meliputi berbagai persoalan-persoalan yang berskala nasional maupun internasional.

Sumber: Kuncoro, Mudrajad. 2009. Metode Riset Untuk Bisnis & Ekonomi, Bagaimana meneliti dan menulis tesis?. Jakarta: Erlangga.