Minggu, 01 April 2012

Photographic Memory

Aku mempunyai ingatan yang tidak begitu bagus. Terkadang aku lupa akan sesuatu yang memang sangat penting, seperti hari ulang tahun ibuku ataupun saudara-saudaraku. Mungkin itu sebagian kecil fenomena yang ada dalam diriku. Terkadang juga aku sering lupa akan melakukan sesuatu, padahal sesaat sebelumnya aku beranjak dari tempat berdiamku untuk melakukan hal itu, dan ajaibnya seketika itu juga aku lupa akan mengerjakan apa. Hal itu membuat aku harus berusaha keras agar mengingatnya dan bukan tidak mungkin, aku melakukan hal yang sedikit aneh: mondar mandir, bolak-balik, dari tempat awalku mempunyai ingatan yang akan kulakukan hingga sampai pada tempat dimana aku lupa hal itu.

Aku memang menganggap diriku orang yang pelupa. Hal sekecil apapun terkadang aku melupakannya, namun seringkali aku menganggapnya itu penting. Ini menjadi salah satu masalah yang dapat dikatakan serius menurutku. Aku ingin ingatan (memory)-ku normal bahkan lebih hebat lagi. Aku ingin mempunyai kekuatan ingatan yang luar biasa, bahkan kalau bisa di atas rata-rata kebanyakan orang. Tapi yang aku maksud adalah kekuatan ingatan yang sesungguhnya, yaitu kekuatan yang berasal dari dalam diriku, kekuatan yang berasal dari otakku. Aku tidak mau kemampuan mengingatku itu menjadi sebuah fenomena photographic memory yaitu ingatan yang selalu ada dalam pikiran/otak kita, dari hal yang terkecil sampai yang besar, sampai sedetail-detailnya. Namun ingatan ini tidak mampu menyaring mana yang sesungguhnya dibutuhkan oleh otak kita dan mana yang tidak diinginkannya. Semuanya muncul begitu saja dalam otak kita tanpa kita menyaring dan menginginkannya. Hal ini akan menjadi sebuah kengerian dan bahaya bagi kita sendiri karena bukan tidak mungkin kita menginginkan hal-hal yang dianggap menyenangkan yang muncul dalam pikiran kita. Kita tidak mengharapkan kenangan-kenangan buruk muncul tiba-tiba dalam pikiran kita tanpa kita menghendakinya. Inilah yang dinamakan dengan photographic memory, kemampuan memunculkan ingatan yang tidak dapat dikendalikan oleh diri kita sendiri.