Rabu, 21 November 2012

KUNCI SUKSES SUATU BISNIS

Akhirnya, setelah sekian lama blog ini vakum sekarang update lagi. Ya memang saya akui, terkadang ada rasa malas mengurus sebuah blog. Tapi dilain sisi blog juga merupakan media yang penting untuk menyampaikan opini/pendapat, perasaan, keinginan, uneg-uneg dan lain sebagainya. Jadi, sekarang saya putuskan akan memulai kembali posting di blog ini. Postingan kali ini saya terinspirasi dari sumber bacaan Majalah Concept. Dari sana terdapat banyak sekali bacaan-bacaan yang bermanfaat khususnya bagi para desainer tentang desain-desain dan juga bagi para pebisnis. Berikut adalah sedikit sharing tentang kiat-kiat/kunci kesuksesan suatu bisnis.

Jadilah Yang Pertama!
Bukankah menjadi yang pertama itu berarti kita menciptakan sebuah ide yang orisinal/hasil karya sendiri, dan tidak mengikuti apa yang telah diciptakan orang lain.
Jadilah Yang Terunik!
Jika sulit untuk menjadi yang pertama, karena sudah ada orang lain yang memiliki ide dimaksud, jangan takut. Kita masih bisa menjadi yang Terunik sehingga berbeda dengan yang lain dan mudah diingat.
Jadilah Yang Terbaik!
Tidak bisa tidak. Hal ini harus dilakukan oleh siapa saja pebisnis yang menginginkan usahanya tetap berjalan dan berkembang terus menerus.
Jangan takut bereksperimen!
Terkadang coba-coba membuahkan hasil yang bagus. Walaupun tidak begitu sempurna, tapi seiring berjalannya waktu kita terus melakukan perbaikan sehingga akan tampak sempurna. Dengan melakukan eksperimen atau coba-coba kita akan menemukan formula baru bahkan terobosan baru yang mungkin akan menjadi titik balik usaha yang kita jalankan.
Jangan takut berhutang!
Satu hal ini paling sensitif. Keterbatasan modal adalah suatu hal yang biasa dalam merintis sebuah usaha. Dan yang luar biasa adalah kita mampu mengatasi keterbatasan tersebut.  Dari sinilah filosofi jangan pernah takut untuk berhutang bagi pebisnis. Biasanya jika modal yang kita gunakan dari berhutang, kita senantiasa menghargai setiap rupiah modal yang digunakan.